Salam Pramuka
            Hay para Saka Bhayangkara, Terutama untuk wilayah Mestong tentunya. kali ini saya akan menjelaskan Apakah Arti dari KTA (Kartu Tanda Anggota) yang telah beberapa minggu yang lalu kita dapatkan.
1. Arti dari Nomor Anggota
            tentunya setiap kita pasti memiliki nomor anggota yang berbeda-beda, terus apakah yang membedakan nomor anggota kita antar sesama anggota, apakah itu hanya nomor asal-asal yang di buat demi memenuhi kebutuhan anggota saka. tentunya tidak, nomor anggota memiliki rincian sebagai berikut.
contoh :

SBK-0609040307101
- SBK adalah Saka Bhayangkara
- 06 adalah Kode untuk Provinsi (Kwarda) Jambi
- 09 adalah Kode untuk Kabupaten (Kwarcab) Muaro Jambi
- 04 adalah Kode untuk Kecamatan mestong
- 03 adalah untuk menentukan angkatan
- 07 adalah untuk menentukan tahun angkatan
- sedangkan 101 adalah untuk No urut anggota
            Nah sekarang kita tahu apakah arti dari nomor anggota yang kita punya, jadi nomor itu bukanlah nomor asal-asalan, nomor itu telah di buat sebaik mungkin sehingga bisa mudah di mengerti dan di pahami oleh setiap anggota.
2. Masa Aktif
            Kartu Tanda Anggota (KTA) yang kita punya memiliki masa aktif, wah seperti kartu sim card hp aja ea memiliki masa aktif, supaya kita tidak binggung kita ganti bahasanya menjadi masa berlaku, jadi seperti KTP, setiap kartu yang memiliki sistem keanggotaan pasti memiliki masa berlaku, begitu juga KTA yang kita miliki. masa berlaku ini di buat untuk mengetahui anggota-anggota yang masih aktif dan yang telah tidak aktif lagi dalam keanggotaan saka bhayangkara. dan menghindari penyalahgunaan KTA di masa mendatang
           
            Masa aktif KTA yang kita punya adalah 3 tahun, itu terhitung dari sejak KTA itu di buat. terus bagaimana jika masa berlaku itu habis, apakah tandanya kita telah berakhir pula keanggotaan kita di saka bhayangkara?
            Anggota tidak perlu takut. karna KTA juga akan bisa di perpanjang, sama seperti Jenis kartu-kartu keanggotaan lainnya. dan itulah fungsi dari masa berlaku, sehingga di akhir masa berlaku, tentunya akan ada penambahan dan pengurangan anggota saka, di karnakan berbagai hal yang mungkin saya tidak bisa jelaskan satu persatu alasan itu.
3. Foto
            Foto? kenapa harus ada foto di KTA kita. pastinya foto tersebut sebagai tanda kepemilikan yang sah, sehingga tidak bisa di salah gunakan oleh orang lain. dan mudah-mudahan foto kalian para saka bhayangkara keren-keren ea.
            itulah beberapa arti penting tentang KTA kita, dan di bagian belakang kartu juga terdapat kalimat yang menerangkan sebagai berikut :
PERHATIAN
1. Bagi siapa saja yang menemukan kartu ini harap di kembalikan ke Polsek Mestong
2. Kartu ini hanya untuk anggota Saka Bhayangkara Mestong
3. Jika yang bersangkutan mengundurkan diri maka wajib mengembalikan KTA ke Dewan Saka
4. Jika Selama 2 Bulan berturut-turut meninggalkan latihan maka berhak di cabut keanggotaannya.
            Nah demikianlah penjelasan tentang KTA yang kita miliki. semoga informasi yang saya berikan dapat membantu anggota dalam memahami fungsi dan kegunaan KTA ini.
Sampai Ketemu Lagi
Sayonara...........!!!!!

0 komentar:

Post a Comment

 
SABHARA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger | WPCenter
Top