Salam Pramuka
 
Pramuka memang kreatif, sandi pramuka pun tak kalah bervareasi. Salah satunya adalah Sandi Kimia. Pada kesempatan ini Admin ingin berbagi sedikit yang pasuda ketahui tentang Sandi Kimia. Sandi kimia adalah sandi terapan dari sandi morse, sandi ini bila diterapkan akan menyerupai rumus senyawa kimia. Langsung saja ke contoh sebagai berikut :
Dasar : dari Sandi Morse

Perhatikan!!!
Kunci   : Huruf Hidup (Vokal) = titik ( . )
  Huruf Mati (konsonan) = strip ( - )
  Pengulangan jumlah titik atau strip digunakan angka dibelakangnya sejumlah pengulangannya.
-----------------------------------------------------------------------------------
Contoh :
HO2 + AH + O3 + OH + NA2 + OH + ANA + H+ OH
Dibaca : D A S A D A R M A

Cara Baca :

  1. HO2 = Artinya terdapat 1 huruf konsonan dan dua huruf vokal, karena di depan huruf O ada angka 2, jika diartikan dalam morse artinya STRIP TITIK TITIK (-..) yang artinya adalah huruf D
  2. O3 = Artinya terdapat 3 huruf vokal, karena di depan huruf O ada angka 3, dalam morse artinya TITIK TITIK TITIK (...) artinya adalah S. dst. 

Apakah sudah bisa dimengerti??? Kalau masih tetap belum bisa, silahkan tuliskan komentar. Artikel ini akan terus kami update, menyesuaikan dengan respon dari para pembaca, dengan tujuan agar nantinya bisa menjadi media yang mudah untuk dipahami. 

Gunakan tanda ( + ) atau ( - ) untuk memisahkan masing-masing kata. Upayakan huruf konsonan dan vokal yang dipakai dapat dipilih sedemikian rupa agar menyerupai rumus senyawa kimia. Sangat menarik bukan? Demikian info yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. 
 
Salam Pramuka...!!!

0 komentar:

Post a Comment

 
SABHARA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger | WPCenter
Top