Salam Pramuka.

Sandi Pramuka, sandi adalah sesuatu yang tidak asing ketika mengikuti pramuka. Ketika kita bisa membuat sandi, kita bisa menggunakannya sebagai sandi rahasia yang hanya teman kita sendiri yang tahu. sebenarnya membuat sandi itu tidaklah sulit, bahkan sebenarnya sangat mudah,  ketika membuat sandi kita bisa menggunakan sesuatu di sekitar kita. Seperti kali ini saya membuat sandi yang saya namakan sandi bulan bintang. sandi ini saya buat ketika saya mengamati sandi kotak 1 dan sandi kotak 2, pada intinya sandi bulan bintang ini sama dengan sandi kotak 1 maupun sandi kotak 2. selain mudah dipahami sandi ini juga mudah dihafal, 

sandi ini saya buat dengan huruf abjad urut searah dengan jarum jam, yaitu urut memutar kearah kanan. dan ketika ada huruf yang berada di kotak atau garis yang sama mungkin kakak-kakak akan sedikit bingung. cara kita mengerjakan sandi ini ketika berada dalam kotak atau garis yang sama adalah kita bisa mengurutkan dari abjad yang paling  kecil terlebih dahulu, contoh bisa lihat gambar dibawah ini :
Sandi Bulan Bintang

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Demikian sedikit tulisan saya tentang sandi, semoga bermanfaat untuk kita anggota Pramuka di seluruh Indonesia.  Salam Pramuka!!!

0 komentar:

Post a Comment

 
SABHARA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger | WPCenter
Top